Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh

05 Desember 2020

Oleh : Safinah Azmir, M.Pd

Proses pembelajaran semester ganjil TP 2020/2021 sudah berakhir. Tanda proses pembelajaran sudah selesai dilakukan evaluasi pembelajaran. Dalam melakukan evaluasi, diadakanlah penilaian akhir semester (PAS). Suatu kegiatan menganalis dan menafsirkan data tentang proses dan hasil pembelajaran selama enam bulan.

Proses penilaian pada pembelajaran jarak jauh lebih mengutamakan pengukuran prilaku dari peserta didik disamping penilaian kognitif. Penilaian yang mengukur tercapai atau tidaknya tujuan dari pembelajaran yang diberikan. Penilaian mengacu kepada penilaian proses di kelas artinya kemajuan belajar dari peserta didik sepanjang proses pembelajaran berlangsung. Penilaian tidak hanya dilakukan pada akhir priode tetapi dilakukan secara terintegrasi dari kegiatan pembelajaran. Artinya kemajuan belajar dinilai dari proses bukan semata-mata hasil.

Penilaian mencakup tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotor yang berbentuk ter tertulis, performance, penugasan atau proyek dan portofolio. Dalam suasana pandemi, pembelajaran jarak jauh diutamakan penilaian afektif dan kognitif.

Penilaian kognitif untuk menilai sejauh mana peserta didik memiliki pengetahuan terhadap fakta, konsep dan teori. Penilaian kognitif yang diambil dari tugas yang diberikan selama belajar dari rumah, ulangan harian , ujian tengah semester dengan menggunakan google form. Sedangkan ujian akhir semester diberikan secara online berbasis komputer.

Penilaian afektif penilaian sikap dan prilaku selama belajar dari rumah. Penilaian yang diutamakan penilaian tanggungjawab, kejujuran dan kedisiplinan. Disiplin dalam keikut sertaan belajar jarak jauh maupun ketepatan waktu dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

Sistem penilaian yang digunakan sesuai dengan kondisi saat ini berdasarkan proses dan pengalaman pembelajaran jarak jauh. Menggunakan pendekataan tugas dan sikap prilaku. Penilaian ini untuk mengukur seberapa jauh keberhasilan proses pembelajaran jarak jauh selama enam bulan ini.

Prinsip penilaian yang dipakai sesuai dengan kurikulum 2013 adalah; (1) Valid, (2) Mendidik,(3) Beroriantasi, (4) .Adil, (5) Terbuka,(6). Berkesinambungan, (7) Menyeluruh, (8). Bermakna.

Kondisi darurat tentu tidak sesempurna evaluasi pembelajaran tatap muka. Semua prinsip penilaian di atas tidak semuanya dapat dilakukan. Walaupun demikian, guru memberikan makna pembelajaran mandiri dan rasa tanggungjawab kepada peserta didik. Kelebihan dan kekurangan dari evaluasi pembelajaran pada penilaian akhir semester ganjil ini digunakan sebagai umpan balik dalam menghadapi proses pembelajaran semester genap TP 2020/2021 nantinya.

Pembelajaran Jarak jauh, suasana belajar bagi semua kita. Belajar dari pengalaman selama pandemi baik bagi siswa, guru, orang tua maupun masyarakat. Belajar menjaga diri dari kesehatan. Memberikan kesempatan kepada orang tua untuk memahami kondisi anak disaat harus belajar. Memberikan kesempatan kepada guru untuk paham karakter siswa serta melatih guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan IT. Proses belajar buat semua kita.

Bagaimanakah proses pembelajaran semester genap? Semoga Allah kabulkan permohonan kita untuk kembali ke sekolah untuk tatap muka. Wallahua’lam bissawab.

#Akhir semester ganjil TP 2020/2021#

# MTsN 3 Kota Padang#

(SA. Padang 05122020). #T.365#H-326#

Informasi lainnya…

Mereka Butuh Kita

Mereka Butuh Kita

Oleh : Safinah Azmir, M.Pd Tidak terasa sudah satu tahun kita ditengah-tengah pandemi. Tiada yang perlu dikeluh...

Bersanding Bukan Bersaing

Bersanding Bukan Bersaing

Oleh : Safinah Azmir, M.Pd Maju bersama dan bersama memajukan Madrasah begitulah kehebatan Kemenag Kota Kabupaten di...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *